Pendampingan Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

M. Amrul Khoiri
Fariz Satya Fardan
Nabillah Azzahrah
Azharil Kalam
Azizah Putri Fahira
Angelina Novita Silaban
Dwi Arini
Gugun Paqta
Kevin Renaldi Listiawan
Muhammad Azmi
Syukri Syaputra

Abstrak

Lingkungan adalah ruang dan segala isinya, meliputi semua benda, daya, keadaan, makhluk hidup, manusia, serta perilakunya yang saling mempengaruhi. Kurangnya kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan hidup berdampak pada terjadinya pencemaran dan bencana alam yang dapat merusak lingkungan hidup. Kerusakan lingkungan hidup dapat dicegah dengan menanamkan kesadaran terhadap lingkungan hidup sejak dini. Pendidikan lingkungan hidup bagi siswa sekolah dasar diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa pendampingan dalam pendidikan lingkungan hidup yaitu participatory action research (PAR). Sasaran pengabdian ini adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar di Dusun Sungai Jermal, Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir, Kecamatan Kubu, wilayah Rokan Hilir. Pengabdian dilaksanakan di SDN 014 Teluk Piyai Pesisir dan SDN 016 Teluk Piyai Pesisir pada tanggal 3 dan 10 Agustus 2024. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang baik terhadap berbagai aspek pendidikan lingkungan hidup. Kriteria pemahaman menunjukkan pengetahuan mereka yang baik tentang konsep dan unsur lingkungan, sedangkan skor rata-rata 5 mencerminkan kesadaran mereka yang tinggi akan pentingnya pelestarian lingkungan. Dedikasi ini menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang baik tentang konsep lingkungan dan aplikasi praktis seperti pemilahan sampah dan penanaman pohon, dengan skor rata-rata menunjukkan bahwa mereka tidak hanya memahami teori tetapi juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel