SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENDAFTARAN DANREKAM MEDIS SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN PADAKLINIK KIMIA FARMA KOTA TERNATE

Penulis

  • Yunita Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Khairun Jl. Jati Metro, Kota Ternate Selatan
  • Alfanugrah A.Hi Usman Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Khairun Jl. Jati Metro, Kota Ternate Selatan
  • Muhammad Sabri Ahmad Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Khairun Jl. Jati Metro, Kota Ternate Selatan

Kata Kunci:

Pelayanan Pendaftaran, sistem informasi, metode waterfall

Abstrak

Pelayanan pendaftaran pasien merupakan bagian yang penting dalam kaitannya dengan sarana pelayanan kesehatan. Proses pendaftaran pasien merupakan kontak pertama kali antara petugas dengan pasien atau keluarganya. Oleh karena itu baik buruknya pendaftaran pasien dapat menjadi salah satu acuan penilaian bagi masyarakat dalam menilai kualitas pelayanan Kesehatan. Dalam melaksanakan kegiatan pendaftaran pelayanan kesehatan merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan pelayanaan berkuliatas. Apotik kimia farma adalah apotik yang membuka pelayanan kesehatan praktek dokter, salah satu cabangnya beralamat di jl. Sultan iskandar M. djabir syah no. 42 Kota Ternate. Klinik yang berada di salah satu cabang apotik kimia farma masih menggunakan system yang manual sehingga apabila banyak pasien yang mendaftar maka antrian tidak menjadi sesuai aturan dan biasanya dalam melakukan pencarian data pasien petugas membutuhkan banyak waktu sehingga pelayanan menjadi lambat.. Penelitian ini menggunakan metode waterfall untuk pembuatan aplikasi yang bersifat sistematis dan berurutan maka dibuatlah sistem informasi pendaftaran pasien mengenai pelayanan kesehatan yang maksimal dan dapat di alokasikan di tempat pelayanan kesehatan yang lain. Penelitian ini untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di puskesmas maka di butuhkanya sistem informasi untuk membantu pekerjaan agar pelayanan pendaftaran menjadi lebih efektif dan efesien. Pengguna sistem ini adalah admin, dokter dan pasien.

Referensi

Agus Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Binarso, Y. A., Sarwoko, E. A., & Bahtiar, N. (2012). Pembangunan sistem informasi alumni berbasis web pada program studi teknik informatika universitas diponegoro. Journal of Information and Technology, 1(1), 72–84.

Firman, (2016). Bahasa PHP dapat dikatakan menggambarkan beberapa bahasa pemrograman seperti C, Java, dan Perl serta mudah untuk dipelajari. PHP merupakan bahasa scripting server – side.

H. Februariyanti and E. Zuliarso, “Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik,” vol. 17, no. 2, pp. 124–132, 2012.

Hamdi, A. S., & Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haryanti dan Tri Irianto. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi ECommerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus (Volume 3 No 1 – 2011)

N. Rini, “Sistem Informasi Penjualan Barang Toko Sumber Urip,” Tek. Inform. Fak. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam Univ. Sebel. Maret, 2010.

Nuryasin. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Berbasis Online Studi Kasus Fst Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 99–112.

Prakasa, A. R. W. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Menggunakan Payment Gateway Paypal (Studi Kasus : Omekimai Gadget Store). Sistem Informasi.

Santoso, L. W. (2013). Pelatihan Microsoft Visio 2010 Profesional, 1–43.

Saputro, H. (2012). Modul Pembelajaran Praktek Basis Data ( MySQL )

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-08

Cara Mengutip

Yunita, A.Hi Usman, A., & Sabri Ahmad, M. (2023). SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENDAFTARAN DANREKAM MEDIS SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN PADAKLINIK KIMIA FARMA KOTA TERNATE. Jurnal Jaringan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 47–51. Diambil dari http://e-journal.unkhair.ac.id/index.php/jati/article/view/47

Terbitan

Bagian

Artikel