ANALISA FAKTOR - FAKTOR PENGGUNAAN INTERNET ADVERTISING (ADS) FACEBOOK PADA UMKM DI KOTA TERNATE DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGI ACCEPTANCE MODEL

Penulis

  • Ammar M.A. Polanunu Department of informatics, Faculty of engineering, Khairun University, Indonesia , Program Studi Informatika, Fakultas Teknik,Universitas Khairun
  • Hairil Kurniadi Sirajuddin Department of informatics, Faculty of engineering, Khairun University, Indonesia , Program Studi Informatika, Fakultas Teknik,Universitas Khairun
  • Syarifuddin N. Kapita Department of informatics, Faculty of engineering, Khairun University, Indonesia , Program Studi Informatika, Fakultas Teknik,Universitas Khairun
  • Seh Turuy Department of informatics, Faculty of engineering, Khairun University, Indonesia , Program Studi Informatika, Fakultas Teknik,Universitas Khairun
  • Achmad Fuad Department of informatics, Faculty of engineering, Khairun University, Indonesia , Program Studi Informatika, Fakultas Teknik,Universitas Khairun

Kata Kunci:

UMKM, Facebook ADS, Technologi Acceptance Model

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam upaya mempromosikan atau mengiklankan produk atau hasil olahannya. Pelaku UMKM yang melakukan upaya promosi dan pemasaran produk mereka melalui media sosial dengan menggunakan fitur internet advertising. Namun dianggap belum maksimal sehingga penulismelihat ini sebagai permasalahan yang kemudian yang dihadapi oleh pelaku UMKM di kota Ternate. Maka peneliti melakukan penelitian dengan judul Analisa fakor - faktor Penggunaan Internet Advertising (ADS) facebook pada UMKM di Kota Ternate dengan menggunakan metode Technologi Acceptance Model (TAM). TAM ialah model yang disusun oleh Davis (1986) untuk menjelaskan penerimaan teknologi yang akan digunakan oleh pengguna teknologi. Dalam memformula‐ sikan TAM, Davis menggunakan Theory of Reasoned Action (TRA) sebagai dasar dalam menegakkan teorinya. Berdasarkan Persepsi kegunaan mimiliki nilai signifikan 0.000 lebih kecil pada table coefisient dengan nilai a (derajat signifikan) 0.05 artinya 0.000 > 0.05 maka dari ini Ho1 ditolak dan Ha1 diterima yang artinya pengaruh persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku. Bahwa yang didapatkan ialah variable yang terdiri dari Perceived Usefulnes (PU), Attitude Usefullnes (ATU), Perceived Ease of Use (PEOU), Subjective Norm (SN), Self Efficacy (SE) dapat disimpulkan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat perilaku Behavioral Intention to Use (BIU) yang berarti diterima karena memenuhi dasar pengambilan keputusan.

Referensi

Habib Firmansyah. Internet Sebagai saranaKomunikasi Internasional. Diakses pada 31Januari 2022 di https://www.kompasiana.co- com/habibfirmansyh/5c21846e6ddcae695f 3360cd/internet-sebagai--komunikasi- internasional?page=all

Jefkins, Frank, 1997, Periklanan.Erlangga, Jakarta.

Awaliyah, C., Dewi, D. A., & Furnamasari,

Y. F. (2021). Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7868-7874

Wu, X., & Gao, Y. (2011). Applying the Extended Technology Acceptance Model to the Use of Clickers in Student Learning: Some Evidence from Macroeconomics clas Classes. American Journal of Business Education, 4(7), 43-50.

Berisha, G., & Pula, J. S. (2015). Defining Small and Medium Enterprises : a critical review. Academic Journal of Business, Administration, Law and Social Sciences, 1(1), 17– 28

Hakim, L., & Pertiwi, T. (2018). Analisis tingkat kepuasan pengguna terhadap website stkip pgri lubuklinggau menggunakan metode pieces. Jurnal TIPS: JurnalTeknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, 9(2), 26-36.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25

Cara Mengutip

ANALISA FAKTOR - FAKTOR PENGGUNAAN INTERNET ADVERTISING (ADS) FACEBOOK PADA UMKM DI KOTA TERNATE DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGI ACCEPTANCE MODEL. (2025). Jurnal Jaringan Dan Teknologi Informasi, 3(2), 06-12. https://e-journal.unkhair.ac.id/index.php/jati/article/view/355

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>