PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 71 HALMAHERA BARAT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Model pembelajaran Reciprocal Teaching merupakan suatu strategi pembelajaran yang menerapkan empat strategi pemahaman mandiri yaitu menyimpulkan bahan ajar, menyusun soal dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperoleh, kemudian memprediksi soal berikutnya dari masalah yang disajikan kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi dan peranan sumber daya alam dalam pembangunan nasional untuk siswa kelas V SD Negeri 71 Halmahera Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes uraian yang berjumlah 10 butir pada siklus I dengan total skor 76, sedangkan soal tes yang digunakan pada siklus II berjumlah 10 butir dengan total skor 81. Data penelitian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui hasil belajar siswa secara individual dan klasikal. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal pada siklus I belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75, sedangkan pada siklus II ketuntasan sudah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran Reciprocal Teaching sebesar 35% atau 7 siswa yang tuntas dan pada siklus II terjadi peningkatan dari 7 siswa yang tuntas menjadi 16 siswa atau 80% dari 20 siswa.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto. 2006. Penilitian Tindakan Untuk Guru, Kepada Sekolah Dan Pengawasan.
Yogyakarta: Aditya Media.
Arlin. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Alat Peraga. (Jurnal) (online) (Akses 02/19/2019).
Kurt Lewin. 1946. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, Kepada Sekolah Dan Pengawasan. Yogyakarta: Aditya Media.
Nur Afifuddin. 2008. Perbedaan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Group Investigation (GI) Terhadap Presentasi Belajar Biologi Di Tinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X di SMA