Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Dinamika Hidrosfer Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Pada pokok bahasan Dinamika Hidrosfer melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example dengan menggunakan lembar kerja (angket), teknik analisis data yang digunakan adalah Observasi, dan angket. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif Dengan mengacu pada model pembelajaran Example Non Example. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tempat penelitian adalah SMP Negeri 2 Kota Ternate. Ketuntasan hasil belajar siswa secara keseluruhan dapat dilihat pada siklus I sebanyak 33 orang yang belum tuntas atau sebanyak 8%. Yang belum mencapai ketuntasan belajar atau belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 32 orang yang tuntas atau sebanyak 89% siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar, sehingga dapat dikatakan pada siklus II siswa dapat dikatakan telah berhasil atau mencapai KKM.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama Muslimin. Ibrahim. 2000. Model-Model Pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta.
Rochyandi. (2004). Model Mengajar & Bahan Pembelajaran. (cetakan ke-2) Bandung: Alqaprint
Slameto. (1995).Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi,Jakarta, Rineka Cipta
Tohirin. (2006.) Psikologi pembelajaran agama islam. Jakarta: raga grafindo perdasa