PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DALAM KONSEP MAKNA PERSATUAN DI KELAS I SD NEGERI 12 KOTA TERNATE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan model pembelajaran time token pada mata pelajaran PKn pokok bahasan makna persatuan dan kesatuan serta sila pancasila kelas I di SD Negeri 12 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapannya adalah: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan observasi, dan 3) refleksi. Subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran time token. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda (PG) sebanyak 10 nomor.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dilihat dari beberapa persen tingkat keberhasilan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran time token dapat meningkatkan hasil belajar PKn khususnya pada pokok bahasan makna persatuan dan sila pancasila kelas I di SD Negeri 12 Kota Ternate. Hal ini menunjukkan ketuntasan siswa pada siklus I sebanyak 5 siswa dari 28 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata pada siklus I sebesar 4,29%. Sementara itu pada pembelajaran siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari 28 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas sebanyak 24 siswa tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 32,71%. Atau pada skala deskriptif berada pada kategori baik.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Dalyono.M. 2012 Pisikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta: Jakarta
Dirman & Juarsih. 2014.Teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Jakarta : PT Rineka Ciptahamal
Fatma. 2014. Pengembangan dalam Pembelajaran PKn. Kampus Karangmalang Yogyakarta.
Hamalik,O.2013. Proses Belajar Mengajar Jakarta PT Bumi Aksara
Rustam Hasyim. 2013. “Peran Orang Tua Dalam Membentuk Moral Siswa di SD Negeri Tabam Kecamatan Kota Ternate”. Dalam Jurnal Pedagogic. FKIP Unkhair
. 2016. “Kompetensi Guru Kelas Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuam Sosial (IPS) Di Sekolah Dasar.” Dalam Jurnal Pedagogic.FKIP Unkhair
Somadayo S 2013:19: Konsep Penilitian Tindakan Kelas.Garhailmu.Yogyakarta.
Tukiran Taniredja, 2017. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan.
Yogyakarta : Penerbit Ombak