MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS III SD NEGERI 8 KOTA TERNATE

Isi Artikel Utama

Dede Ferdian Rosita

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi persiapan kemandirian bahasa Indonesia siswa SD Negeri 8 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapannya adalah 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan observasi, dan 3) refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 13 siswa. Objek penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS berupa tes pilihan ganda (PG) sebanyak 10 nomor. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dapat dilihat dari beberapa persen tingkat keberhasilan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi persiapan kemandirian bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 8 Kota Ternate. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dari 13 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas sebanyak 4 siswa tuntas pada siklus I atau 30,75% dengan jumlah rata-rata pada siklus I sebesar 167,69%. Sementara itu pada pembelajaran siklus II hasil belajar IPS mengalami peningkatan. Dari 13 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas sebanyak 12 siswa tuntas atau 92,30% dengan nilai rata-rata 89,23%. Atau skala deskriptif kategori baik.

Rincian Artikel

Bagian
Jurnal Dinamis

Referensi

Arikunto, S. 1990. Menajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdillah, Husni. (2002). Pengertian Belajar dari Berbagai Sumber.Online,http://husniabdillah.multiply.com/journal/item/9

Gredler Bell, M. E (1994). Belajar dan membelajarkan. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 11. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Berkerjasama denganPAU UT.

Dirman & Juarsih. 2014.Teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Jakarta : PT Rineka Ciptahamal

Hidayati. (2002). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Proesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sumadayo. S. 2013. Penilitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.