Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melaui Pembeajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTS Negeri Kota Ternate
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di MTS Negeri 1 Kota Ternate. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa khususnya mata pelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran contextual teacing and learning. Subyek penelitian ini adalah siswa siswi kelas VII MTS Negeri Kota Ternate dengan Tipe penilitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang meliputi 4 tahapan yaitu: tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, data penelitian ini adalah data aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Atmosfer, berdasarkan data yang diperoleh skor presentasi rata-rata siswa pada siklus pertama yang tuntas adalah 31% dan tidak tuntas 63% dan pada siklus ke Dua yang tuntas 100% dan 0% untuk siswa yang tidak tuntas. Maka penelitian dicukupkan pada siklus ke Dua karena sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah MTS Negeri Kota Ternate
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto. 2006. Penilitian Tindakan Untuk Guru, Kepada Sekolah Dan Pengawasan. Yogyakarta: Aditya Media.
Arlin. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Alat Peraga. (Jurnal) (online) (Akses 02/19/2019).
Kurt Lewin. 1946. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, Kepada Sekolah Dan Pengawasan. Yogyakarta: Aditya Media.
Nur Afifuddin. 2008. Perbedaan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran KooperatifnTipe Jigsaw Dan Group Investigation (GI) Terhadap Presentasi Belajar Biologi Di Tinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X di SMA
UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem PendidikannNasioanal. Diunduh dari http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf pada 20 mei 2017.
Wina Sanjaya.2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.