ANALISIS LEARNING OBSTACLE SISWA PADA KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN

Authors

  • Lily Suratmi Universitas Khairun
  • Hasniati Hasniati Universitas Khairun
  • Karman Lanani
  • Pamuti Pamuti
  • Mubasyisyir Mubasyisyir Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.9

Keywords:

Learning Obstacle, Konsep Penjumlahan, Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Learning Obstacle  siswa dalam menyelesaikan soal yang terkait materi konsep penjumlahan pecahan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif. Teknik Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes, wawancara  dokumentasi dan triangulasi. Instrumen tes yang digunakan adalah soal uraian yang sebelumnya telah divalidasi oleh dosen pembimbing. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek perwakilan penelitian ini adalah tiga siswa kelas V SD Negeri 13 Halmahera Selatan yang diperoleh setelah berkonsultasi dengan guru dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Learning Obstacle  siswa kelas V SD Negeri 13 Halmahera Selatan dalam menyelesaikan soal yang terkait konsep penjumlahan pecahan mencapai rata-rata sebesar 56,9 dalam kategori sedang. Kualifikasi Learning Obstacle siswa pada konsep penjumlahan pecahan, mencapai kualifikasi sangat baik sebesar 7%, subyek dengan kualifikasi sedang sebesar 53%, dan subyek kualifikasi kurang  40% dan kualifikasi gagal. Subyek kategori baik tidak memenuhi indikator Learning Obstacle karena sudah mampu dalam memahami konsep penjumlahan pecahan, dapat menentukan prosedur matematika yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal konsep penjumlahan pecahan, mengoperasikan perhitungan terkait konsep penjumlahan pecahan.

References

Afrizal . Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta. 2012

Brousseau, G, (1997). Thoery of didactical situations (N. Balacheff. M. Cooper, R. Sutherland, V. Warfield Eds & Trans). Dordrecht, Netherland:Kluwer Academic.

Cornu,B (1991).Limit In 30/05/2012.0.Tall (ed), Advanced Mathematical Thinking (pp. 153-166)

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Erman, S dan Winataputra, U.S. (1993). Strategi belajar mengajar matematika, Jakarta :Universitas Terbuka. Herman, H. (1990). Strategi Belajar Matematika, Malang.

Feldmen, William. Penerjamah Sudarmaji. 2002. Mengatasi Gangguan Belajar Pada Anak. Jakarta: Prestasi Putra diunduh dihttp://pgribanjarsari.wordpress.com/2010/01/10/52.

Halim Fatani, Abdul.2012 Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Heruman.2013 Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah, Ali, dan Muhlisrarini,2014 Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

J. Moleong, Lexy.2012 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :Rosdakarya.

Jamaris, Martini. 2015 Kesulitan Belajar:Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangan Bagi Anak Usia Dini Sekolah. Bogor:Ghalia Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018 Senang Belajar Matematika SD KELAS V.

Lisnawaty, S. (1992). Metode Mengajar Matematika 1, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Meta Fidayanti, Ali Shodiqin, dan Suyitno YP PGSD Universitas PGRI Semarang, 2020 “Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan” journal for lesson and learning studies vol. 3. No. 1 April 2020. P-ISSN:2615, E-ISSN 2615-7330

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG, Bandung : Tarsito

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Sukirno & Dini Ramadhani PGSD Universitas Samudra.2016 “Analisis Learning Obstacle Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Penjumlahan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD “SEUNEUBOK LADA:Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan 3 (2). 77-88.2016.

Yufentyia E.W., & Maimuna R.,Y., 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SD Pada Materi pecahan. : Jurnal Matematika, 2(3), 2019.

Widyasa,Meter dan Okta Negara, 2015, Analisis kesulitan Belajar Matematika SiswakelasIVdalamimplementasikurikulum2013diSDPilotingsekabupatenGianyar.https://ejournal.undiksa.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5070/3826.

Downloads

Published

02-11-2022

How to Cite

Suratmi, L., Hasniati, H., Lanani, K., Pamuti, P., & Mubasyisyir, M. (2022). ANALISIS LEARNING OBSTACLE SISWA PADA KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN. Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.9