ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Purwati Purwati Universitas Khairun
  • Ikhsan Taha Universitas Khairun
  • Marwia Tamrin Bakar Universitas Khairun
  • Karman Lanani Universitas Khairun
  • Ririn Purwati Malik Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.8

Keywords:

Kemampuan, Berpikir, Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan kritis siswa SMA pada materi limit fungsi aljabar. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Halmahera Selatan data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui: Tes, wawancara dan dokumntasi, data tersebut di analisis dengan  kemampuan berpikir kritis siswa di klarivikasi dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 siswa (13%) memiliki kemampuan berpikir kritis matematis  tinggi, 4 siswa (11%) memiliki kemampuan berpikir kritis sedang, dan 6 siswa (16%) memiliki kemampuan berpikir kritis rendah secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis matemati siswa   kelas XI IPS SMA Negeri 2 Halmahera Selatan dalam kategori sedang. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dapat menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar, siswa dengan kategori sedang  kurang mampu menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar, dan siswa kategori rendah belum mampuh menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar dengan benar.

References

Agus triyanto . 2007. Bahasa Indonesia SMP Jakarta: pt. gramedia

Ahmadi, Rulan. 2014. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: PT Ar-Ruzz Media.

Amir, Zubaidah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa melalui Pembelajaran dalam Kelompok Kecil Berbasis Masalah secara Klasikal dalam Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA Riau:

Anggraeni dwi citra. dkk. 2017. Identifikasi Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sub Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Berbasis Lingkungan Siswa Kelas VII MTS Negeri Jember 1. Jurnal, Vol. 8, No. 2, hal. 34-40

Anita Lie Cooperatif Learning.(Jakarta:Grasindo,2005)

Azizah, Mira, dkk. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 35 Nomor 1.

Cece Wijaya.2010 Pendidikan Remedial:Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi Fatmawat (2016) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Limit Fungsi Aljabar: Iain Tulungagung

Ennis, Robert.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Emeritus Professor, University of Illinois Last Revised, May, 2011.

Febriani, Nurul. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Berpikir Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015

H, Anita Widia Wati. 2013. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami MasalahMatematika pada Materi Fungsi di Kelas XI IPA MA Al-Muslihun Kanigoro Blitar Semester Genap TahunAjaran 2012/ 2013. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Irdayanti, Lieska Sukma. 2018. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 1 Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended Materi Teorema Pythagoras Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Najla, Siti. 2016. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Gaya Belajar Accomodator Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Skripsi. Jambi: Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jambi.

Rahma, Siti. 2017. Analisis Berpikir Kritis Peserta didik Dengan Pembelajaran Socrates Konstektual Di SMP Negeri 1 Padangratu Lampung Tengah. Skripsi, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahmawati, Nita Dewi. 2014. Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Heuristik Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Rifqiana, Lilliyan. 2015 “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pembelajaran Model 4k Materi Geometri Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa” Semarang: Skripsi tidak diterbitkan

Sembiring, Suwah. 2007. Matematika Untuk Sma/ Ma. Bandung: Yrama Widya

Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik.

Bandung: Nusa Media

Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Trianto.(2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Bab 1.

Wahyudin.(2012). Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Penerbit Mandiri.

Wijaya. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Smp. Bandung:Upi nm

Wulandari, Fitriani. 2017. Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika.

Downloads

Published

02-11-2022

How to Cite

Purwati, P., Taha, I., Bakar, M. T., Lanani, K., & Malik, R. P. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.8