MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Authors

  • Irawati Ridwan Universitas Khairun
  • Sugiharjo Hasim Universitas Khairun
  • Karman Lanani Universitas Khairun
  • Suhardi Abdullah Universitas Khairun
  • Sri Rahayu Ningsih Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.7

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pecahan

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan menjadikan 14 siswa SD 41 Halmahera Barat sebagai subjek penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, penggunaan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SD pada materi bilangan pecahan. Hal ini dapat ditunjukan dengan perolehan presentase ketuntasan belajar siswa pada tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diterapkanya model pembelajaran berbasis proyek, memperoleh presentase ketuntasan 0% (tidak terdapat siswa yang tuntas), setelah diterapkanya model pembelajaran berbasis proyek pada siklus I presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 28,57% (terdapat 4 siswa yang tuntas), presentase ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus II juga meningkat menjadi 78,57% (terdapat 11 siswa yang tuntas).

References

Asrori, M. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto. (2003). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hanafiah & Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bnadung: PT Refika Aditama.

Hibattulloh & Sofyan. 2014. Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol (3), 169-178.

Lanani, K. 2015. Kemampuan Penalaran Statistis, Komunikasi Statistis dan Academic Help-Seeking Mahasiswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Ict. Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sundayana. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

02-11-2022

How to Cite

Ridwan, I., Hasim, S., Lanani, K., Abdullah, S., & Ningsih, S. R. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.7