MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
DOI:
https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.7Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Proyek, PecahanAbstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan menjadikan 14 siswa SD 41 Halmahera Barat sebagai subjek penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, penggunaan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SD pada materi bilangan pecahan. Hal ini dapat ditunjukan dengan perolehan presentase ketuntasan belajar siswa pada tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diterapkanya model pembelajaran berbasis proyek, memperoleh presentase ketuntasan 0% (tidak terdapat siswa yang tuntas), setelah diterapkanya model pembelajaran berbasis proyek pada siklus I presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 28,57% (terdapat 4 siswa yang tuntas), presentase ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus II juga meningkat menjadi 78,57% (terdapat 11 siswa yang tuntas).
References
Asrori, M. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto. (2003). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Hanafiah & Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bnadung: PT Refika Aditama.
Hibattulloh & Sofyan. 2014. Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol (3), 169-178.
Lanani, K. 2015. Kemampuan Penalaran Statistis, Komunikasi Statistis dan Academic Help-Seeking Mahasiswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Ict. Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Sundayana. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Irawati Ridwan, Sugiharjo Hasim, karman lanani, Suhardi Abdullah, Sri Rahayu Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.