PENERAPAN PEMBELAJARAN CETTAR MEMBAHANA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI STATISTIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL STATISTIKA

Authors

  • Karman Lanani
  • Hasan Hamid Universitas Khairun
  • Soleman Saidi Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i2.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi statistis (KKS) mahasiswa pada mata kuliah pengantar statistika yang memperoleh pembelajaran Cettar Membahana ditinjau dari KAS. Menggunakan metode campuran model concurrent embedded, data pencapaian dan peningkatan KKS mahasiswa dianalisis untuk mengetahui hasil implementasi pembelajaran Cettar Membahana. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair semester genap tahun akademik 2021/2022 sebanyak 44 mahasiswa, dan diklasifikasi atas 28 mahasiswa sebagai kelas eksperimen, dan 19 mahasiswa kelas replikasi. Instrumen pengumpulan data meliputi: tes Awal, tes akhir, lembar observasi dan wawancara. Hasil tes awal  bahwa KKS mahasiswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 13,75 dengan SB 3,75, dan mahasiswa kelas replikasi diperoleh rata-rata sebesar 13,84 dengan SB 3,51.  Hasil uji rata-rata tes awal  menunjukkan bahwa KKS mahasiswa antara kelas eksperimen dan replikasi adalah sama (homogen). Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan KKS mahasiswa yang memperoleh pembelajaran Cettar Membahana antara kelas Eksperimen dan Replikasi. Peningkatan KKS mahasiswa kelas eksperimen 42,86% kategori tinggi dan 58,14% kategori sedang, serta kelas replikasi 78,95% kategori tinggi dan 21,05% kategori sedang. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran Cettar Membahana secara signifikan dapat meningkatkan KKS mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah pengantar statistik. 

References

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi VI. PT. Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2009). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Pustaka Pelajar.

Lanani, K. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Cettar Membahana dalam Mengkonstruksi Kemampuan Komunikasi Statistis Peserta Didik. Jurnal Delta-Pi Pendidikan Matematika.

Lovett, M. (2001). A Collaborative Convergence on Studying Reasoning Processess: A case study in Statistics. In Cognition and Instruction: Twenty-five of Progress (pp. 347–384). Lawrence Erlbaun.

Parke, S. C. (2008). Reasoning and Communicating in the Language of Statistics. Journal of Statistics Education, 16(1).

Rumsey, D. J. (2002). Statistical literacy as a goal for introductory statistics courses. Journal of Statistics Education, 10(3).

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara.

Sundayana, R. (2012). Pengaruh Perkuliahan Statistika Berbantuan Ms. Excel dan SPSS dengan Model Pembelajaran Tutorial Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis. Universitas Pendidikan indonesia.

Downloads

Published

27-08-2023

How to Cite

Lanani, K., Hamid, H., & Saidi, S. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN CETTAR MEMBAHANA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI STATISTIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL STATISTIKA. Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i2.58