PRAKTIKALITAS BUKU AJAR KALKULUS DERIVATIF UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Muhammad Taqwa

DOI:

https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i2.57

Keywords:

Praktikalitas, Buku Ajar, Motivasi Belajar

Abstract

Pasca Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) mengharuskan melakukan pembelajaran mixed yaitu luring dan online termasuk mata kuliah kalkulus derivatif. Belajar online menuntut siswa memiliki motivasi yang kuat untuk belajar. Pengembangan Buku Ajar  merupakan salah satu strategi yang dapat menumbuhkan motivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Buku Ajar yang praktis dalam menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu pengembangan Buku Ajar dengan model Plomp: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) pengujian, evaluasi dan revisi, (5) implementasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Andi Matappa. Instrumen penelitian adalah lembar kepraktisan buku ajar. Hasil penelitian skor kepraktisan buku ajar memiliki kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar kalkulus derivatif yang telah dikembangkan memenuhi unsur praktikalitas untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa.

References

Fitriyani, Yani., Fauzi, I., & Sari, Mia, Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175.

Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme Dan Website Pada Materi Lingkaran Dan Bola. Lemma, 2(1), 35–42.

Harandi, S. R. (2015). Effects of E-learning on Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 18(1), 423–430.

Hardianto, D. (2012). Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Online. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1–10.

Mairing, Jackson, P., & Lorida, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah dan Proyek pada Matakuliah Analisis Data. Jurnal Kependidikan, 14(2), 53–61.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Muttakin, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang Multikonsep pada Perkuliahan Konsep Kimia Unsur. Jurnal Edukasi Kimia, 2(1), 54–65.

Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2014). Impact of Learner’s Characteristics and Learning Behaviour on Learning Performance during a Fully Online Course. Electronic Journal of E-Learning, 12(4), 3941–408.

Prastii, Tri, D., Tresnaningsih, S., & Thaib, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis High OrderThingking Skills Pada Matakuliah Matematika di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan, 20(1), 40–52.

Prastiti, Tri, Dyah, Mairing, Jackson, P., & Handayani, Estu, P. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis REACT pada Tutorial Statistika Pendidikan di Universitas Terbuka. AdMathEdu, 7(1), 61–72.

Rahayu, P., & Ulul, Eryawan, D. (2018). Praktikalitas Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika II. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menuju Revolusi Industri 4.0, 143–147.

Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery, L. (2018). Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika. Jurnal Gantang, 3(1), 41–46.

Schunk, D. H., Meece, J. R., & Pintrich, P. R. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications(4th Ed). Pearson.

Selvi, K. (2010). Motivating Factors in Online Courses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 819–824.

Septia, T., & Yunita, A. (2014). Praktikalitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Struktur Aljabar Di STKIP PGRI Sumatera Barat. Lemma, 1(1), 76–84.

Syahputra, E & Rajagukguk, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 44–54.

Taqwa, M, & Taufik, A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Statistika dengan Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 122–140.

Taqwa, Muhammad. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika IndoMS Wilayah Sulawesi SENAMAS, 300–312.

Downloads

Published

27-08-2023

How to Cite

Muhammad Taqwa. (2023). PRAKTIKALITAS BUKU AJAR KALKULUS DERIVATIF UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i2.57