PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PUISI PADA MATERI BANGUN DATAR BERATURAN
DOI:
https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.5Keywords:
puisi matematika, Media Pembelajaran Matematika, PuisiAbstract
Konsep matematika yang tersusun secara terstruktur memiliki nilai estetika dan nilai keindahan, pembelajarannya diperlukan penggunaan media. Media puisi matematika yang didesain secara bermakna dapat membantu terciptanya pemahaman matematis siswa pada materi bangun datar beraturan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk puisi matematika sebagai media pembelajaran berbasis puisi pada materi bangun datar beraturan, khususnya konsep persegi dan persegi panjang. Menghasilkan produk puisi matematika sebagai media pembelajaran menggunakan metode pengembangan Brog dan Gall meliputi: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media, validasi dan uji coba hasil desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran matematika berbasis puisi sebagai media pembelajaran yang belum pernah dikembangkan berpotensi untuk digunakan dalam pembelajaraan matematika materi bangun datar beraturan, khususnya persegi dan persegi panjang; 2) puisi matematika materi persegi dan persegi panjang memenuhi syarat kevalidan oleh para ahli sebagai suatu media pembelajaran matematika berbasis puisi; 3) puisi matematika materi persegi dan persegi panjang layak digunakan sebagai media pembelajaran; 4) puisi matematika materi persegi dan persegi panjang memenuhi syarat keterbacaan sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar beraturan.
References
Aharoni, R. (2014). Mathematics, poetry and beauty. Journal of Mathematics and the Arts, 8(1–2), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/17513472.2014.943490
Ambarwati, T., Haryono, & Sukardjo, J. (2014). Penerapan MetodePembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dilengkapi MediaMacromedia Flash Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi BelajarSiswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 58–64.
Annisah, S. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1–15.
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(2), 156–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jid.v15i2.578
Azizah, A. (2015). Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memanfaatkan Teknik Brainwriting pada Peserta Didik SD/MI Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 136–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/pendas.2.2.136-140
Bakhtiar, A. (2012). Filsafat ilmu. PT Raja Grafindo Persada.
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Karaali, G. (2014). Can zombies write mathematical poetry? Mathematical poetry as a model for humanistic mathematics. Journal of Mathematics and the Arts, 8(1–2). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/17513472.2014.926685
Lestari, D. (2019). Penerapan Model Circuit Learning Dalam Pembelajaran Menganalisis Unsur Puisi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 126–135.
Nuryadi, Astuti, Tutut, D., Utami, Endang, S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Gramasurya.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Salma Heuvelman, karman lanani, Ariyanti Jalal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.