KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POLA BILANGAN KELAS VIII MTs
DOI:
https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i2.39Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal
cerita pola bilangan pada siswa kelas VIII MTs di Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal cerita pola bilangan dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dengan
langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa
kelas VIII B dan ambil 6 orang siswa untuk diwawancarai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Subjek yang
memiliki pamahaman matematis yang tinggi masih mengalami 2 kesulitan yaitu 1) kesulitan dalam kelemahan
berhitung, 2) kesulitan dalam persepsi visual. Subjek yang memiliki pemahaman matematis yang sedang
mengalami 3 kesulitan yaitu 1) kelemahan berhitung, 2) pemahaman matematika yang kurang, 3) kesulitan dalam
persepsi visual. Subjek yang memiliki pemahaman matematis yang rendah mengalami 4 kesulitan yaitu 1).
Kulitan dalam kelemahan berhitung, 2) kelemahan dalam mentransfer pengetahuan, 3) pemahaman matematiak
yang kurang, , 4) kesulitan dalam persepsi visual.
Kata kunci : kesulitan siswa, soal cerita dan pola bilangan.
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Adipta, H., Maryaeni., Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai
Sumber Bacaan Siswa SD: Teori Penelitian Dan Pengembangan. Jurnal Pendidikan, 1(5):989-
Anita, Ika Wahyu. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap
Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Study Metematika, 3(1).
Diakses pada 9 September 2019.
Arikunto. (2013) Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta
Matrix : Jurnal Pendidikan Matematika ., Tahun Terbit, Halaman
http://eprints.ums.ac.id/81872/12/NASKAH%20PUBLIKASI-194.pdf
Beatrix, K., Devin, B., Olivia, T., Thomas, P., Glyn, H., Roi, C. (2016) Transcranial Random
Noise Stimulation Mitigates Increased Difficulty in an Arithmetic Learning Task. Journal
Neuropsychologia, 81, 255-264.
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern. Yogyakarta: Garudhawaca
Hendriana, Heris. (2014). Mathematical Connection Ability And Self-Confidence (An
Experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with
Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1) Diakses Pada 27
Oktober 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Fatimatus Zahro Mustakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.