BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Authors

  • Selly Rezeqi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i2.30

Keywords:

berpikir kritis, pembelajaran matematika, pendekatan konstruktivisme

Abstract

Kompetensi penting yang harus dimiliki setiap individu pada era globalisasi yang juga tertuang dalam tujuan kurikulum 2013 adalah kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebagai bahan diskusi dan kajian mengenai berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan mendeskripsikan hasil kajian Pustaka dari sekurang-kurangnya 15 artikel yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah pendekatan konstruktivisme dapat digunakan sebagai salah satu pilihan model pembelajaran guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

References

Destiana, O. (2020). A Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme berbasis Kemampuan Penalaran Matematis. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 128–145. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.152

Dhianti Haeruman, L., Rahayu, W., & Lukita Ambarwati, dan. (n.d.). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMA DI BOGOR TIMUR.

Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3604

Jurnal Pendidikan Matematika, M., & Achdisty Noordyana, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Instruction (Vol. 5, Issue 2). http://e-mosharafa.org/

Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. (n.d.).

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan. (n.d.).

Kenda, M., Ralmugiz, U., Martini Aba, M., Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F.,

Muhammadiyah Kupang, U., & Tenggara Timur, K.-N. (n.d.). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA SMP Negeri 2 Wewewa Utara 2,3). 2(2), 2021.

Konstruktivisme, P., Matakuliah, P., Keuangan, M., Paradesa, R., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Raden, U., & Palembang, F. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA MELALUI. In Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA (Vol. 1, Issue 2).

ISSN 2963-3192 (print), ISSN XXXX-XXXX(Online)

Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol (No), Tahun - Halaman

Selly Rezeqi Qur’ani1, Tian Abdul Aziz2

Kukuh, N., Pinton, M., Mustafa2, S., Negeri, S., & Malang, B. (n.d.). Ndaru Kukuh Masgumelar, Pinton Setya Mustafa Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. https://siducat.org/index.php/ghaitsa

Mahmuzah, R. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING. Jurnal Peluang, 4(1). Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

SMP. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. (n.d.).

Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Abstrak, P. (2018).

EFEKTIFITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 5 SIPIROK ALI MUHAJIR SIREGAR. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 1, Issue 3). http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL (Vol. 1, Issue 1).

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, D. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 89–100. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9436

Wahyu Hidayat & Veny Triyana Andika Sari. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP.http:// e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel

Tresnawati, Wahyu Hidayat, & Euis Eti Rohaeti. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA.Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education (Vol. 2 No. 2)

Rohsiah Mardiatul. (2019). Penerapan Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Konstruktivis Sebagai Upaya Peningkatan Penalaran Logis Siswa. SCHOLASTIKA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Vol 1, No 1)

Sekar Wilujeng & Eyus Sudihartinih. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (Vol 6, No 2)

Pertiwi, Wiyana. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai (Vol 2, No 4)

Downloads

Published

27-08-2023

How to Cite

Rezeqi, S. (2023). BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i2.30