ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI STATISTIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA
DOI:
https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.11Keywords:
Kemampuan, Komunikasi Statistis, StatistikaAbstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa (KKS) kelas XII MIA-2 SMA Negeri 3 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal pada materi statistika konsep ukuran pemusatan data. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan adalah 2 butir soal tentang KKS yang telah divalidasi. Data KKS siswa yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA-2 SMA Negeri 3 Kota Ternate sebanyak 10 siswa, kemudian dipilih 4 siswa sebagai perwakilan subjek penelitian berdasarkan kategori KKS (Sangat baik, cukup, kurang, dan buruk) untuk diwawancarai sebagai bentuk triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKS siswa kelas XII MIA-2 SMA Negeri 3 Kota Ternate dalam mempelajari materi statistika konsep ukuran pemusatan data dengan rata-rata sebesar 53,67 dalam kategori kurang. Kualifikasi kemampuan komunikasi statistis siswa dalam kategori sangat tinggi dicapai 1 siswa (10%), 4 siswa (40%) dalam kategori cukup, 2 siswa (20%) dalam kategori kurang mampu, 3 siswa (30%) dengan kategori buruk.
References
Maulyda. 2020. Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis. Malang: CV IRDH
La Nani, K. 2015. Kemampuan Penalaran Statistik, Komunikasi Statistis dan Academic Help-Seeking Mahasiswa Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan ICT. Disertasi. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Leo, S. 2013. Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Erlangga.
Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) Nomor 20 Tahun 2003 Redaksi Sinar Grafika, UU Perlindungan Anak (UU Ri No. 13 Tahun 2003), Jakarta ; Sinar Grafika, 2003
Sutriadi, I. M. A., Paloloang B., dan Bennu, S. 2017. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan dan Volume Balok. Jurnal FKIP Universitas Tadulako. No. 2 Vol (6). Hal 141-161
Yoisangaji, S. 2019. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Statistis Siswa Pada Pokok Bahasan Ukuran Letak Data Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Informasi Komunikasi Dan Teknologi (ICT). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun, Ternate
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zainudin Djumat, Fahria Kader, karman lanani, Wilda Syam Tonra, Yuliyanti Daiyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.