PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATHEMATICALS JUNGLE GAME DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.10Keywords:
Mathematics Jungle Game, Pemahaman, MatematikaAbstract
Penelitian Tindakan ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana proses hasil belajar matematika siswa pada materi Barisan Aritmatika sebelum dan sesudah di terapkan pembelajaran dengan pendekatan mathematics jungle game; (2) mengetahui penerapan pendekatan mathematics jungle game secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pengukuran panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tahap yaitu tahap (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observasi (4) refleksi. Pengumpulan melalui data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Ternate yang berjumlah 20 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan perlakuan dengan penerapan pembelajaran pendekatan mathematics jungle game secara keseluruhan dapat dilihat dari tingkat kualifikasi yakni diperoleh (98,13%) siswa berkualifikasi memuaskan, dan (2) berkualifikasi gagal. Berdasarkan Uji wilcoxson Signed Ranks Test menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Mathematics Jungle Game (MJG) secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Ternate pada materi barisan aritmatika
References
Abdul Halim Fathani. (2009). Matematika Hakikat dan Logika, Yogyakarta Ar-Ruzz medi
Armai, A. 2002. Pengantar Ilmu dan Metedologi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Ciputat Pers.
Abdullah, H.I. 2013. Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol (2), 72-75.
Ahmad Susanto, 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakart: Tambrak Raya
Budiningsih, 2012. Belajar dan pembelajaran.Jakarta: Matra Jaya.
Dadang gasto,Sutigno dan Bucchori, 2004. Gemar Blajar Matematika 3. Semarang.
Isrok’atun. & Rosmala, A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Jatmiko Intra Danang, 2017. Efektivitas modeto game 5 in 1”Math Past Maju dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar. Skripsi
Nuryadi,2013. Metode Game 5 in 1” MATH PASTI MAJU” dengan Media kosa. Diakses tangal 06 Febuari 2020.
Nugroho et al., 2017. Laskah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia, Jakarta Kementrian Ristekdikti.
Parera Jos, Daniel (1987), Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta Erlangga.
Parera Jos, Daniel (1993), Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta Erlangga. Edisi Kedua.
Rusman, 2013. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Gravindo Persada
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Gegerkalong Hiril.
Sugiyono, 2015:223. Penelitian Kualitatif “The Researcher is the key Instrument” Bandung: Alfabeta.
Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarat: Matraman Jaya.
Sudjana Nana, 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudianto Manullang, Andri Kristiano S., Tri Andri Hutapea, Laske Pangarapan Sinaga, Bornok Sinaga, Mangaratua Marianus S., Pardomuan N. J. M. Sinambela: Jakarta (Januari 2017). Barisan Aritmatika adalah Barisan yang Nilai setiap Sukunya didapatkan dari Suku sebelumnya melalui Penjumlahan atau Pengurangan dengan suatu Bilangan.
Usman (2013). Manejmen, Teori, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Marlina Hadidi, Susi Thalib, karman lanani, Ariyanti Jalal, Safruddin Sadaralam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.