IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI OLEH GURU PPKN DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 4 WEDA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai toleransi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam konteks pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 4 Weda. Toleransi merupakan salah satu nilai dasar yang sangat penting ditanamkan sejak dini untuk membentuk sikap saling menghargai dalam keberagaman. Melalui integrasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran IPS, guru diharapkan dapat membantu siswa memahami pentingnya hidup harmonis dalam masyarakat yang majemuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi terhadap guru PPKn serta siswa kelas atas di SD Negeri 4 Weda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn mengintegrasikan nilai-nilai toleransi ke dalam pembelajaran IPS melalui berbagai strategi, seperti diskusi kelompok, studi kasus, serta penggunaan cerita atau contoh nyata yang mencerminkan kerukunan dalam keberagaman. Guru juga menanamkan nilai toleransi melalui pembiasaan sikap di kelas dan kehidupan sekolah sehari-hari.
Implementasi tersebut berdampak positif terhadap sikap sosial siswa, seperti menghargai perbedaan pendapat, menghormati teman yang berbeda latar belakang, serta aktif dalam kerja sama kelompok. Dengan demikian, guru PPKn berperan penting dalam memperkuat pendidikan karakter, khususnya nilai toleransi, melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPS.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Azra, Azyumardi. (2002). Pendidikan Multikultural di Indonesia: Tantangan dan Prospek. Jakarta: Prenada Media.
Djahiri, A. Kosasih. (2011). Pendidikan Nilai: Sebuah Pendekatan Kontekstual. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.
Kunandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mas' ud, F., & Istianah, A. (2025). Ekosistem Digital Dan Narasi Kebangsaan: Relevansi Pancasila Sebagai Penuntun Etika Publik Virtual. Haumeni Journal of Education, 5(1), 18-26.
Mas' ud, F., & Wibowo, I. (2025). Ekologi Kewarganegaraan: Membangun Relasi Harmonis antara Warga, Negara, dan Lingkungan. Media Sains, 25(1), 27-31.
Mas’ud, F., Roen, Y. A., Kolianan, J. B., & Istianah, A. (2025). Sosiologi Indonesia. Tangguh Denara Jaya Publisher.
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Rifin, Ami, Hasim, Rustam, Kamisi, Mohtar Kamisi (2025). Social Studies Teachers'Strategies in Fostering Students Social Attitudes at SDN 81 Ternate City: Strategi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa di SDN 81 Kota Ternate. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora). 9(2), 593-599.
Rusdiana, Asep. (2014). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PPKn. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Tilaar, H.A.R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.