PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SOSIAL SISWA MELALUI MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 4 WEDA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam meningkatkan kesadaran sosial siswa melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 4 Weda. Kesadaran sosial merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter siswa sejak dini, dan pembelajaran IPS menjadi media strategis dalam menanamkan nilai-nilai sosial, seperti kepedulian, tanggung jawab, toleransi, dan kerja sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru kelas dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas di SD Negeri 4 Weda berperan sebagai fasilitator, motivator, teladan, dan evaluator dalam proses pembelajaran IPS. Guru secara aktif mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa, menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dan kontekstual, serta memberikan pembiasaan dan contoh perilaku sosial yang positif. Melalui strategi tersebut, siswa menunjukkan peningkatan dalam sikap sosial, seperti saling menghormati, peduli terhadap sesama, serta aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan sekolah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran aktif dan kreatif guru kelas dalam pembelajaran IPS sangat berpengaruh dalam membentuk dan meningkatkan kesadaran sosial siswa. Dengan pendekatan yang tepat, guru dapat menjadikan IPS sebagai sarana efektif untuk membina karakter dan kepekaan sosial peserta didik sejak jenjang sekolah dasar.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmad, A. (2016). Strategi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach (7th ed.). New York: McGraw-Hill.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayati, N. (2014). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2010). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Somantri, M. N. (2001). Mengaktualisasikan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.