STRATEGI GURU IPS DALAM MENGATASI PERBEDAAN GAYA BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 4 WEDA

Isi Artikel Utama

Fitria Maras

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru IPS dalam mengatasi perbedaan gaya belajar siswa di SD Negeri 4 Weda. Gaya belajar siswa yang beragam, seperti visual, auditori, dan kinestetik, menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru IPS, serta dokumentasi.   


Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi diferensiasi pembelajaran, seperti penggunaan media visual (gambar, video), diskusi kelompok, permainan edukatif, serta metode praktik langsung untuk menyesuaikan dengan kebutuhan gaya belajar siswa. Selain itu, guru juga membangun komunikasi yang intensif dengan siswa untuk mengenali preferensi belajar mereka. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa serta pemahaman materi pelajaran IPS. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran yang adaptif terhadap gaya belajar siswa menjadi kunci dalam menciptakan pembelajaran yang inklusif dan bermakna.

Rincian Artikel

Bagian

Jurnal Dinamis

Referensi

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.

Baharuddin, & Esa, N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching (8th ed.). Boston: Pearson Education.

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mas' ud, F., & Wibowo, I. (2025). Ekologi Kewarganegaraan: Membangun Relasi Harmonis antara Warga, Negara, dan Lingkungan. Media Sains, 25(1), 27-31.

Mas' ud, F., Kale, D. Y. A., Doko, M. M., & Nassa, D. Y. (2025). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, M., Mas’ud, F., Sarifah, L., Rais, R., & Kumagaya, J. P. (2025). Counseling on the Use of Meta Ai in Improving Digital Literacy in Rural Communities in Indonesia: Pengabdian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 2170-2176.