ANALISIS KOMPENTENSI GURU PPKn DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN IPS TEMATIK DI SD NEGERI 1 GEMIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam mendukung pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tematik di SD Negeri 1 Gemia. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru PPKn sangat mempengaruhi efektivitas integrasi nilai-nilai kewarganegaraan ke dalam pembelajaran IPS tematik. Ditemukan pula bahwa meskipun sebagian besar guru telah memiliki dasar kompetensi yang memadai, masih terdapat kendala dalam hal penguasaan strategi tematik dan pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan tematik terpadu serta peningkatan kolaborasi antarguru mata pelajaran untuk menunjang pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Asmani, Jamal Ma'mur. (2011). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Baharuddin & Wahyuni, M. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mas' ud, F., Kale, D. Y. A., Doko, M. M., & Nassa, D. Y. (2025). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Tangguh Denara Jaya Publisher.
Mulyasa, E. (2013). Kurikulum 2013: Pengembangan Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naser, Umihani, Hasim, Rustam, Hi Yusuf, Jusan (2025). Optimizing The Performance ff Social Studies Teachers in Instilling Discipline and Honesty in Students of SD Negeri 50 Ternate City: Optimalisasi Kinerja Guru IPS dalam Menanamkan Sikap Disiplin dan Kejujuran pada Siswa SD Negeri 50 Kota Ternate. SOSIOEDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Sosial.
Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Susilawati, M., Mas’ud, F., Sarifah, L., Rais, R., & Kumagaya, J. P. (2025). Counseling on the Use of Meta Ai in Improving Digital Literacy in Rural Communities in Indonesia: Pengabdian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 2170-2176.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.