KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POLA BILANGAN KELAS VIII MTs

Authors

  • Siti Fatimatus Zahro Mustakim mahasiswa, institut teknologi dan sains nahdlatul ulma pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i2.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal

cerita pola bilangan pada siswa kelas VIII MTs di Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif

dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal cerita pola bilangan dan

wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dengan

langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa

kelas VIII B dan ambil 6 orang siswa untuk diwawancarai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Subjek yang

memiliki pamahaman matematis yang tinggi masih mengalami 2 kesulitan yaitu 1) kesulitan dalam kelemahan

berhitung, 2) kesulitan dalam persepsi visual. Subjek yang memiliki pemahaman matematis yang sedang

mengalami 3 kesulitan yaitu 1) kelemahan berhitung, 2) pemahaman matematika yang kurang, 3) kesulitan dalam

persepsi visual. Subjek yang memiliki pemahaman matematis yang rendah mengalami 4 kesulitan yaitu 1).

Kulitan dalam kelemahan berhitung, 2) kelemahan dalam mentransfer pengetahuan, 3) pemahaman matematiak

yang kurang, , 4) kesulitan dalam persepsi visual.

Kata kunci : kesulitan siswa, soal cerita dan pola bilangan.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Adipta, H., Maryaeni., Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai

Sumber Bacaan Siswa SD: Teori Penelitian Dan Pengembangan. Jurnal Pendidikan, 1(5):989-

Anita, Ika Wahyu. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap

Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Study Metematika, 3(1).

Diakses pada 9 September 2019.

Arikunto. (2013) Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta

Matrix : Jurnal Pendidikan Matematika ., Tahun Terbit, Halaman

http://eprints.ums.ac.id/81872/12/NASKAH%20PUBLIKASI-194.pdf

Beatrix, K., Devin, B., Olivia, T., Thomas, P., Glyn, H., Roi, C. (2016) Transcranial Random

Noise Stimulation Mitigates Increased Difficulty in an Arithmetic Learning Task. Journal

Neuropsychologia, 81, 255-264.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern. Yogyakarta: Garudhawaca

Hendriana, Heris. (2014). Mathematical Connection Ability And Self-Confidence (An

Experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with

Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1) Diakses Pada 27

Oktober 2019.

Downloads

Published

27-08-2023

How to Cite

Mustakim, S. F. Z. (2023). KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POLA BILANGAN KELAS VIII MTs. Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i2.39